Mengenal Shutter Speed Dalam Dunia Fotografy

Contoh Penggunaan Shutter Speed  cepat
Shutter Speed kalo di terjemahkan dalam bahasa indonesia itu Shutter adalah Rana/Daun Penutup jendela, Sedangkan Speed adalah kecepatan. Nah kalo kita satukan "Kecepatan Rana/Daun penutup jendela". Atau Cepat lambatnya Rana terbuka, ini akan mempengaruhi besar dan kecilnya cahaya yang masuk kedalam sensor kamera. Semakin cepat berarti cahaya yang masuk akan sedikit dan sebaliknya.

Tombol Shutter Speed  pada kamera
Canon Eos 600D
Shutter speed ini dalam hitungan detik bahkan sepersekian detik lho. Angka 1/500 berarti membacanya seperlimaratus detik. kalo kita jumpai angka 30" berarti rentang waktu shuter speed itu 30 detik rana membuka membuka dan menutup kembali. Setiap kamera memiliki kecepatan maksimal dan minimal berbeda. 

Dengan kecepatan yang tinggi ini akan membekukan gerakan seperti air yang mengalir, satwa-satwa liar, tergantung objek bergerak yang di foto.



Contoh Shutter speed lambat memotret
pemandangan malam dengan
cahaya bulan
Tentunya penggunaan shutter speed ini sesuai tempat pemotretan, kalo saya biasanya penggunaan shutter speed 1/250 - 1/500 dengan kondisi dibawah terik matahari dan tanpa flash, kalo tempat yang teduh seperti di bawah pohon atau tidak langsung di bawah terik matahari antara 1/50 - 1/200. Kalo kondisi malam antara 1" - 20".

Kita dapat menciptakan berbagai macam foto yang apik dengan kecepatan shutter speed cepat maupun lambat. Dan ini akan menentukan selera fotografer itu sendiri. Sudah banyak aliran fotografy dari dulu sampai sekarang.


0 komentar:

Posting Komentar