Tips Membuat Latar belakang Blur/Bokeh Dengan Lensa Kit.

Membuat latar belakang blur/bokeh dengan lensa kit.
Model Reny, Lokasi Alun-alun Kebumen. 
Hallow penduduk indonesia...
Salam hangat dari JBK, semoga dalam keadaaan terbaik.  Ngobrol tentang fotografy emang gak ada matinya terutama masalah teknik/tips menciptakan foto yang yahuttt..

Nah..kita udah sering kan lihat foto yang latar belakang/background nya ngeblur/buram/tidak fokus itu kalo di dalam dunia fotografy sering dibilang "BOKEH". Dengan area fokus hanya di objek, dan background ngeblur itu seakan objek dan latar belakang itu menjadi dua bagian yang di satukan, seolah-olah di edit oleh program-program editor foto. Namun itu juga bisa kita jumpai kok dan ternyata itu hasil foto editan. ckck..

Sebenarnya kita membutuhkan lensa FIX (Lensa yang zoom nya pake kaki, karena gak bisa di zoom kalo mau zoom harus mendekati objeknya si fotografernya) untuk membuat foto dengan Bokeh yang cantik, seperti lensa Fix 50mm, 60mm, 100mm,135mm Dll..

Namun karena harganya yang cukup menguras kantong saya aja belom punya lensa fix..hehe Tapi, bukan berarti saya gak bisa membuat foto dengan bokeh lho..Kan saya masih punya lensa kit/lensa bawaan ketika beli yaitu EF-S 18-55mm III. 

Dengan lensa kit ini kita sebenarnya dapat membuat foto bokeh kok, Carane pie toh..? oke lah yuk simak tipsnya langsung ke TKP..

  1. Usahakan antara latar belakang/background dengan objek jauh, semakin jauh itu semaikin baik bokeh nya.
  2. zoom lensa kit anda paling besar, misal lensa kit saya 18-55mm, berarti kita Zoom 55mm. mentokin aja lah jangan ragu-ragu.
  3. Bukaan lensa di perbesar seperti F3,5 - F5.6. Ingan nilai F semakin kecil berarti bukaan lensa semakin besar dan sebaliknya.
  4. Mode pemoteretan sesuai selera anda kok M, TV, AV yang paling anda sukai yang mana.
  5. Usahakan jangan gunakan Flash dulu.
Cukup sederhan dan mudah kan bagaimana membuat latar belakang blur/bokeh dengan lensa kit, Semoga dapat membantu anda. Jangan lupa untuk tidak menyerah mencoba dan mencoba karena guru paling baik adalah pengalaman. Kalo begitu Selamat mencoba.

2 komentar: